Saturday, July 7, 2012

sawarna runaway : ilusi


Ilusi adalah kepalsuan. Tidak sepenuhnya buruk, karena ilusi pada dasarnya adalah kesalahan indera dalam menafsirkan suatu objek pengamatan. Bahasanya agak berat ya? Oke, sederhananya ilusi adalah tipuan. Contoh paling nyata adalah ilusi optik. Mata bukanlah indera dengan kemampuan pengukuran yang baik sehingga kadang-kadang bisa salah menafsirkan objek yang diamatinya. Yang jadi masalah adalah ketika salah tafsir itu tetap berlanjut hingga ke otak. Melahirkan asumsi-asumsi yang berbahaya, terutama jika objek yang di-salah tafsir-kan berkaitan erat dengan urusan asmara. Pada tahap inilah, manusia secara resmi dinyatakan layak maju ke fase selanjutnya: chaos.

Meminjam padanan kata dari kalimat "cewek suka digombalin", manusia adalah salah satu makhluk yang senang dibutakan, bahkan kadangkala dengan sengaja mencari ilusi dengan satu tujuan: people see what they want to see. Ilusi yang baik bagi manusia adalah distraksi, karena sifatnya hanya sementara. Distraksi sedikit banyak dapat mengurangi beban kerja otak sehingga tanpa disadari mengikis serpihan-serpihan stress yang menggerogoti pikiran kita. Apakah kalian tahu? Ilusi bisa datang kapanpun dan dalam bentuk apapun. Ya, percayalah. Dan kali ini, ilusi itu berwujud jagung bakar berpasir.

Sebelumnya saya minta maaf baru bisa nyentuh blog lagi, teralihkan oleh urusan video juli. Oke, ini adalah malam pertama kami #eaaaaa .... di sawarna. Jagung bakar, adalah salah satu ide luar biasa yang muncul di kala kelelahan duduk berjam-jam #pegelpantat. Tantangan terbesar dalam membuat jagung bakar hanyalah satu: mencari jagung yang pas. Dan kebetulan syarat jagung yang baik sama persis dengan tipe gadis idaman saya, harus manis #miaw. Kenapa harus manis? Karena itu bisa menyelamatkan nasib jagung setelah mengalami berbagai "percobaan memasak" ala 7 makhluk pendatang sawarna. Trust me, it works.

Faktor penting berikutnya adalah kemampuan membuat api. Jika membuat api, jangan berharap terlalu banyak karena bisa-bisa hati ikut memanas #kode. Mungkin banyak yang tidak tahu mengapa pantai di malam hari identik dengan api unggun. Jawabannya tidak lain tidak bukan yakni batok kelapa yang melimpah di sana sini. Batok kelapa adalah salah satu bahan paling banyak, murah dan efektif dalam proses penciptaan api. Karena itulah jangan heran jika kalian melawat ke kawasan pantai, jenis arang yang paling sering ditemui adalah arang batok kelapa. Bukan, bukan karena batok kelapa paling bagus, tapi karena di pantai, pohon berkayu agak jarang. Sekian.

pantai dan api unggun
batok kelapa adalah salah satu bahan bakar terbaik, terutama perihal api unggun

bukan iklan kecap
ciri khas penduduk pulau jawa, apa-apa pake kecap

sumringah
bukan karena jagung, tapi karena difoto

jujur
kondisi jagung menunjukkan besarnya nafsu makan masing-masing personal

raawwwr
untungnya ganteng, jadi gak bisa dikata-katain

Ada dua hal yang sangat menarik dari kehidupan pesisir jawa. Pertama adalah keberadaan aksen pesisir #logat. Mohon diperhatikan bahwa dalam hal ini, kota besar tidak termasuk ke dalam kawasan pesisir. Jika diperhatikan dengan seksama, mereka semua (penduduk pesisir jawa) memiliki aksen yang sama meskipun bahasa yang digunakan berbeda (jawa dan sunda). Kalau tidak percaya silakan dicoba sendiri.

Hal yang kedua adalah bagaimana televisi mengatur pola pikir masyarakat pesisir. Sebagai contoh, saya mengambil gaya hidup khalayak muda mudi harapan bangsa di kawasan pesisir yang merupakan penggemar boyband dan girlband kelahiran acara musik semacam inbox. Saya tidak akan menyebut mereka alay, karena memang tidak alay. Lagipula definisi alay saat ini sudah terlalu melebar sehingga sangat sulit mencari bentuk alay yang original #hidupalay!. Mungkin kalian bertanya di dalam hati mengapa mereka bisa mengidolakan grup musik + dance + cantik dan ganteng. Jawabannya hanya satu kawan! Tidak ada pilihan. Ya, mereka bukannya tidak mau melihat bentuk musik yang lain, tetapi memang tidak diberi pilihan lain. Kondisi geografis adalah biang kerok utama yang menyebabkan hanya beberapa tv nasional yang sanggup mengudara hingga ke batas pantai pulau jawa, terutama pantai selatan. So, what you get is what you watch. Buat yang niat nyaleg ato nyapres, usahain manfaatkan kondisi ini semaksimal mungkin, karena seperti sebuah pepatah: tak kenal maka tak sayang. Makin sering tampang nongol di tv, makin besar peluang dicoblos #opone. Btw, saya gak bilang boyband dan girlband indonesia jelek ya, saya hanya menganggap mereka terlalu prematur, nanggung. Mungkin kalo diasah dan latihannya dipanjangin sedikit lagi, performance waktu mereka mengorbit pastinya lebih mantap.

blink sawarna
the next sawarna idol

blink dan fans
adalah sebuah pertanyaan besar kenapa 3 fans (paling kiri) berpose sama dan nanggung

Banyak alasan bagi seseorang untuk bermain-main dengan frekuensi nada. Biar keren. Menikmati hidup. Biar gak jomblo. Macam-macam alasannya. Bagi saya, alasan itu berjudul lupa diri. Ya, mungkin ini kali ya, cara nge-fly paling sehat dan murah. Dan bermusik di pantai pada malam hari adalah salah satu pengalaman luar biasa.

Angin.
Ombak.
Malam.

Sempurna.

willy do-re-mi
siap membuai pendengar sekalian

sing and fun
lupakan masalah, mari bernyanyi. suara sumbang tak masalah kok, wong tetep kalah sama angin dan deburan ombak #asyek

haus ... kasih sayang
bentuk udah kayak supir. sayangnya gak ada hati yang bisa disupirin #ngenes

jangan tanya kenapa
seperti judul foto, jangan tanya kenapa

hmmmm
bingung dan kasihan melihat kelakuan tujuh anak muda pendatang

photo source || it's yogas' !

2 comments:

  1. "bentuk udah kayak supir, sayangnya gak ada hati yang bisa disupirin."

    nyekill kieu gas, semakin terasah lah maneh. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...