Tuesday, August 21, 2012

the epic conclusion


Well, mungkin agak telat kalo saya baru nge-post perihal per-batman-an. Mohon maklum, kemarin-kemarin saya agak sibuk berbakti pada orang tua #bikinkuelebaran sehingga agak jarang menyentuh blog. Saya sendiri nonton om bruce wayne beberapa hari setelah premiere, bersama abdul, sarah, mirna dan pambudi. Pengennya sih nonton pas premiere, tapi apa daya, taraweh puasa pertama. Alhasil agenda nobar om bruce baru bisa terlaksana hari selasa, empat hari setelah premiere. Lumayan lah, gak basi-basi amat :3

Berhubung postingan ini mengandung super spoiler, maka untuk rekan-rekan penulis yang hidupnya sibuk banget ampe udah lupa bioskop ada di sebelah mana, saya ucapkan punteun.

Christopher nolan kini resmi masuk ke dalam daftar sutradara favorit saya setelah steven spielberg dan george lucas. Om nolan dikenal sebagai sutradara yang jenius dalam membuat plot. Pernah nonton Memento? The Prestige? Atau mungkin Inception? Sebagai penonton, kita akan dibuat penasaran terus #eh sampai ending film. Satu lagi yang jadi kebiasaan om nolan adalah alur flashback yang bikin gimanaaaa gitu #naooon. Nah, untuk hidup anda yang lebih baik, saya sarankan jikalau menonton film-film buatan nolan, janganlah membawa teman yang bukan penikmat film (baca: banyak komentar/bertanya). Percayalah.

Waktu film batman begins dirilis, sejujurnya saya tidak tertarik. Pastinya kalian penasaran dong kenapa saya tidak tertarik #najong. Jujur, saya agak traumatik dengan film-film batman sebelumnya (buatan tim burton/joel schumacher) yang pada awal film selalu menampilkan baju hitam ketat mengkilap dan penampakan nipple, terutama di batman & robin. Oke. Mungkin film tahun 90-an masih kental dengan unsur opera dan saya akui film batman pada masa itu sangat super artistik. Penggambaran gotham city yang kelam dan modern, dengan imajinasi ala tim burton. Karakter supervillain yang ditampilkan pun adalah luar biasa :O Tapi .... nipple .....  Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ)

Review dan rating yang positif pada akhirnya mendorong saya untuk memberanikan diri duduk dan menonton kisah bruce wayne versi om nolan. WOW. Sekali lagi. WOW. Mungkin, seperti inilah seharusnya bagaimana film superhero itu dibuat. Pendalaman karakter yang menyeluruh dan kronologis cerita yang kuat. Makanya, saya tidak heran jika batman begin masuk nominasi oscar untuk best cinematography. Buat yang belom nonton, nih tak tampilin trailernya.


Bagian yang saya suka dari batman begins adalah ide mengenai simbolisme batman yang menjadi keseluruhan isi film. Konsep simbolisme ini dibahas beberapa kali di sepanjang film, yaitu pada saat ra's al ghul melatih bruce wayne dan terutama pada adegan percakapan di pesawat antara bruce dan alfred.
People need dramatic examples to shake them out of apathy and I can't do that as Bruce Wayne. As a man I'm flesh and blood. I can be ignored, I can be destroyed. But as a symbol, as a symbol I can be incorruptible, I can be everlasting - bruce wayne
Batman begins juga menggambarkan kompleksitas akan konsep dualisme yang harus dijalani om bruce. Menjadi seorang billionare playboy di siang hari dan batman di malam hari. Sebenarnya kompleksitas dualisme sudah digambarkan dengan cukup apik melalui trilogi spiderman tobey maguire. Bedanya, batman begins lebih serius mendalami latar belakang dan proses kelahiran dualisme batman sehingga lebih terasa mengena.

Di film kedua, nolan sukses membawa teror yang menghantui penduduk gotham ke depan mata penonton dengan sempurna. Kadang saya bingung sendiri sebenarnya siapa yang menjadi tokoh utama di film the dark knight: batman atau joker, atau mungkin harvey dent?

mind-blowing character
satu-satunya film superhero yang dapet oscar untuk aktingnya, bukan untuk best visual effect #cmiiw

Melalui karakter joker, nolan mengajarkan pada kita mengenai konsep eskalasi yang sedikit banyak juga digambarkan dalam kurva prey-predator di ekologi. Setiap eskalasi suatu objek akan diikuti eskalasi objek lain yang berelasi kuat dengan objek pertama, yang biasanya sifatnya saling berkebalikan (contrast relation).
We start carrying semi automatics, they buy automatic. We start wearing Kevlar, they buy armor piercing rounds. And *you're* wearing a mask and jumping off rooftops. Take this guy: armed robbery, double homicide. Got a taste for the theatrical, like you. Leaves a calling card - jim gordon
Di the dark knight, nolan menggambarkan bagaimana joker meneror warga gotham city hingga sampai pada batas tertinggi yang mereka miliki. Mungkin bisa dibilang udah sampe tahap putus asa kali ya #eh #masihngomonginbatmankan?. Akting joker yang diperankan mendiang heath ledger benar-benar menggambarkan karakter joker yang super kelam dan agak mendekati psikopat. Memang sesuai dengan propaganda yang dibawa: agent of chaos. Sebuah ide dasar yang mampu membuat batman mencapai limitnya dan sempat memilih untuk mengungkapkan identitasnya. Edyan!!!
Well, because he thought it was good sport. Because some men aren't looking for anything logical, like money. They can't be bought, bullied, reasoned, or negotiated with. Some men just want to watch the world burn - alfred pennyworth
Buat yang belom nonton the dark knight, ... parah banget lah. Hihihi. Nih, minimal nonton trailernya dulu dong :3


Bisa dibilang di film ini nolan mengajarkan pada kita bagaimana cara menghancurkan sebuah kota dengan total. City destroying itu bukan cuma urusan high explosive atau demolition melulu, tapi total catastrophic, menembus pertahanan moral dan psikologi kota. Nolan dengan jenius menyajikan kepiawaian joker dalam bermain-main dengan moral warga gotham, termasuk sang gotham white knight: harvey dent. Pada adegan di rumah sakit, ditampilkan bagaimana joker membawa harvey dent ke dark side, menjadi sebuah karakter yang kita kenal dengan the two face. Padahal dent dikenal sebagai karakter yang sangat total dalam mengakkan keadilan. Lihatlah bagaimana joker bermain-main dengan prinsip keadilan yang dijunjung tinggi oleh dent. Super mind-blowing!!! Sebuah hal yang mengerikan jika metode ini diterapkan pada kegiatan MLM. Atau udah ya?

Moral warga gotham juga diuji ketika disuruh memilih nyawa mereka, atau nyawa kriminal. Jangankan warga gotham, bos-bos mafia aja dibuat pusing dengan tingkah joker yang bermain-main dengan dompet mereka. Benar-benar agent of chaos.

Salah satu hal yang membuat the dark knigh nempel di benak penonton adalah sifat dari teror joker yang mendekati realitas. Dengan set film yang serupa dengan kondisi saat ini, aksi yang dilakukan joker sangat mungkin bisa terjadi di kehidupan nyata. Sebuah penampilan jenius yang dilahirkan oleh nolan dan ledger. Dan memang, menurut saya, the dark knight bersifat joker-sentris. Dari awal hingga akhir film, ide yang diusung adalah bagaimana joker mengotak-atik batas nilai benar dan salah, seperti UAS biselmol #naooon.

Adegan joker yang saya favoritkan ada tiga, yang pertama waktu joker nyelonong masuk memperkenalkan diri ama bos-bos mafia yang lagi ngadain 'group therapy session'. Yang kedua waktu joker dateng ke penthouse-nya om bruce buat nyari harvey dent. I think, it's best joker scene. Dan yang terakhir waktu adegan joker mencet remote bom di rumah sakit. Sarap!

why so serious?
the best supervillain I ever seen

Kesuksesan luar biasa yang dialami the dark knight membuat penggemar bertanya-tanya seperti apakah film terakhir dari trologi batman om nolan. Apakah mampu menyaingi pendahulunya? Atau lebih tepatnya, apakah mampu menyaingi joker? Dan pada premiere 16 Juli di New York City, atau 20 Juli di Bandung #asyek, nolan menjawab semua pertanyaan tersebut. The legend ends. Sebuah kesimpulan dari dualisme yang harus dijalani bruce wayne untuk menyelamatkan gotham dari keterpurukan. The epic conclusion.

The dark knight rises (TDKR) berpusat pada upaya bane untuk menghancurkan gotham city, melanjutkan kegagalan pemimpin league of shadows sebelumnya, ra's al ghul. Yap, ra's al ghul, guru batman yang dulu muncul di batman begins dan diperankan oleh om liam neeson. Makanya di TDKR banyak banget adegan flash back dari batman begins. Btw, sekedar info, sampai saat ini baru ada tiga orang di dunia yang bisa ngebunuh liam neeson: seorang knight dari perancis #kingdomofheaven, darth maul dan batman. Sekian #cmiiw.

Agak susah jika membandingkan the dark knight dengan TDKR. Jika the dark knight berpusat pada teror psikologis, maka TDKR berinti pada civilization demolition yang sifatnya destruktif. Perihal soal penghancuran suatu peradaban sebenarnya sudah diusung di batman begins, sebagai ajaran yang dibawa oleh ra's al ghul. League of shadows akan bertindak jika sebuah peradaban, dalam hal ini gotham city, dianggap sudah mencapai batasnya: kecarut-marutan moral dan ketimpangan yang besar antara si miskin dan si kaya. Dan dalam TDKR, sosok ini diwujudkan dalam bentuk bane, seorang supervillain yang lahir di kegelapan penjara bawah tanah. Tuh, dari lahir aja udah kelam, gimana gedenya.

Buat yang masa kecilnya kurang beruntung (baca: nonton batman & robin), pastinya mengenal bane sebagai mindless monster yang dikontrol oleh poison ivy dan, sayangnya, memakai kostum pink. Percayalah, it's so lame. Saya agak kurang paham mengapa joel schumacher menginterpretasikan bane dalam sosok pria maskulin berotot dalam kostum pink. Padahal di komik aslinya juga gak segitunya.

bane dalam the dark knight rises viral campaign
memulihkan kembali imej bane di kancah pergaulan supervillain

Seperti yang dilakukannya pada joker, nolan berhasil mewujudkan karakter bane dari komik ke dalam film dengan elegan, terutama maskernya yang super-keren dan sesuai dengan konteks kekinian. Di film ini nolan juga membahas cukup dalam mengenai kehidupan bane dari segala aspek sehingga sebagai tokoh antagonis, bane dapat membuat siapapun yang nonton jadi simpatik. Mungkin judul the dark knight rises bisa diganti jadi bane begins #ngaco.

Salah satu adegan antara batman dan bane #adeuuy yang paling terkenal adalah break the bat, ketika bane mematahkan punggung batman dengan mudahnya. Adegan epic ini muncul pertama kali di komik knightfall yang terbit tahun 1993 dan menjadi salah satu sumber referensi bagi TDKR. Buat yang belum tau, di knightfall juga bercerita mengenai pengunduran diri butler yang setia, alfred pennyworth :'( Dan adegan ini ditampilkan sebegitu sedihnya di TDKR #mewek.

Inti cerita TDKR adalah mengenai kemelut yang berkecamuk di dalam hati bruce wayne yang sudah delapan tahun mengurung diri di wayne manor. Batman dikisahkan menghilang setelah menimpakan perbuatan joker sebagai perbuatannya seperti yang diceritakan pada ending the dark knight. Satu-satunya hal yang membuat om bruce keluar dari sarangnya adalah kehadiran catwoman. Tuh kan! Wanita emang racun dunia #wuswus. Anne hathaway mampu menampilkan karakter catwoman dengan apiknya. Definisi female fatale pada kehidupan nyata. Dangerous. Bikin penasaran. Maka, benarlah adanya bahwa cewek yang suka bikin penasaran itu memiliki bahaya yang nyata #samlekum. Saya sangat puas atas perwujudan catwoman oleh nolan yang sangat epic, tidak seperti versi tim burton ataupun halle berry #nooffense. Nah sebelum lanjut, yuk nonton trailernya lagi :3


Selain total demolition, nolan juga membawa ide fear of death di pertengahan film. Sepanjang film, bruce dikisahkan sudah tidak punya spirit yang sama seperti dulu. Bahkan kalo kata saya mah bisa dibilang 'I don't care what people say' #loh #malahhipster. Oke, harusnya 'I don't care anymore, just kill me'. Hal ini tergambar dalam adegan bruce dan bane di penjara, dimana kalimat epik bane muncul dan menjadi fenomena meme internet.
Home, where I learned the truth about despair, as will you. There's a reason why this prison is the worst hell on earth: Hope. Every man who has ventured here over the centuries has looked up to the light and imagined climbing to freedom. So easy... So simple... And like shipwrecked men turning to sea water from uncontrollable thirst, many have died trying. I learned here that there can be no true despair without hope. So, as I terrorize Gotham, I will feed its people hope to poison their souls. I will let them believe they can survive so that you can watch them clamoring over each other to "stay in the sun." You can watch me torture an entire city and when you have truly understood the depth of your failure, we will fulfill Ra's al Ghul's destiny... We will destroy Gotham and then, when it is done and Gotham is ashes, then you have my permission to die - bane
This Is It! Sebuah konsep mengerikan yang sejatinya sudah eksis di sekiar kita sejak berabad-abad lamanya. Apa yang dilakukan oleh bane sebenarnya sudah lama diterapkan oleh banyak gadis di dunia ini: memberikan harapan palsu. Meskipun sifatnya tidak high eksplosive, teror yang dilakukan oleh para gadis ini sifatnya cukup destruktif hati #eaaaa. Mohon diperhatikan bahwa paragraf ini tidak berhubungan dengan kehidupan penulis.

Konsep 'fear of death' muncul pada saat adegan bruce di penjara yang bisa dibilang tidak takut pada apapun, termasuk keamtian. Hal inilah yang menurut seorang tahanan buta, tetangga bruce di penjara, membuat ia selalu gagal ketika mendaki dinding penjara.
You do not fear death. You think this makes you strong. It makes you weak - blind prisoner
Bila dihubungkan dengan ajaran Islam #suasanalebaran, sebenarnya kita hanya takut kepada Allah swt. Tapi menurut saya setiap manusia, meskipun sedikit, pasti memiliki rasa fear of death. Bukan takut pada kematian yang saya tekankan, tetapi takut tidak bisa lagi beramal baik, takut meninggalkan orang yang disayangi dalam keadaan tidak siap. Untuk itu, marilah kita beramal sebanyak mungkin selagi kita hidup. Peduli terhadap sesama. Karena kita tidak tidak tahu kapan ajal menghampiri. Persiapkan diri sebaik mungkin agar kita bisa ikhlas sepenuhnya ketika bertemu kematian.

Secara keseluruhan, plot TDKR belum memuaskan rasa penasaran saya. Entah karena keburu membandingkan dengan the dark knight atau jangan-jangan hasil aksi lembaga sensor film. Entahlah. Tapi memang TDKR tidak bisa dibandingkan dengan the dark knight karena inti cerita yang diusung pun berbeda. Bagi saya, sebagai sebuah film, TDKR belum bisa menyaingi the dark knight. Tapi sebagai bagian dari trilogy, TDKR adalah sebuah kesimpulan yang super epik. The epic conclusion. Dan sesuai dengan tagline yang diusung nolan, the legend ends, ending TDKR dirancang dengan sangat indah dan menurut saya ini adalah salah satu perfect ending :') Ah, terima kasih nolan.

Sebagai penutup postingan panjang ini, saya ingin mengajak anda menonton trailer the dark knight rises versi kedua yang super bikin penasaran. Monggo :)


video source || youtube.com | youtube.com | youtube.com | youtube.com

6 comments:

  1. AING JUGA BELUM NONTON! UGH. MENYEDIHKAN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mewakili segenap warga cimahi kota, menyatakan rasa kecewa yang mendalam :(

      anti, kamu mah melancong melulu sih :3

      Delete
  2. Wae ah epic conclusion. Garing pilemna. Nu alus catwoman hungkul. :| #edisipenontonkecewa

    Iya sih, poinnya itu. Manajemen rasa takut, bukan dengan menjadi berani membabi buta, tapi menerima ketakutan sebagai bagian dari kesadaran agar bisa melangkah lebih jauh. *naon

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, kang tejo mah, kualitas film dinilai dari karakter wanita nya -___-"

      hihihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...