Tuesday, April 24, 2012

tjimahi : sekitar stasion


Adalah sebuah konsep dasar bahwa pertumbuhan sebuah kota tidak luput dari peran keberadaan sarana transportasi. Beruntung bagi kota cimahi, meskipun kota yang kecil dan imut, cimahi dilewati jalur rel kereta api pulau jawa. Sebuah jaringan yang menghubungkan cimahi dengan kota-kota besar dunia #asyek.

Setahu saya, cimahi hanya memiliki satu stasiun saja, tidak lain tidak bukan: stasiun cimahi. Terletak pada ketinggian +732 m dpl, stasiun cimahi buat saya tergolong teduh #gaknyambung. Pembangunan stasiun tua ini tentu tidak lepas dari keberadaan fasilitas militer yang memenuhi sebagian besar wilayah kota cimahi, maka tidak heran perawatan fasilitas di stasiun ini jauh dari kata optimal. Entah pemkot tidak sadar atau memang tidak mau mencampuri urusan PT KAI, menurut saya bila stasiun ini dikembangkan secara maksimal dapat menjadi pundi-pundi pendapatan aseli daerah.

Seumur hidup saya baru sekali menggunakan stasiun cimahi sesuai tujuan aslinya: naik kereta api. Waktu itu saya bersama rombongan ePLB menyambangi stasiun ini demi perjalanan lancar bersama kereta kahuripan dalam wacana ekskursi yogyakarta. Yang saya sayangkan dari kondisi stasiun cimahi saat ini adalah mengapa harus di cat kembali dengan warna oranye. Ya, saya tahu lambang kota cimahi kental dengan warna oranye, tapi bukan untuk diimplentasikan dalam arsitektur bangunan. Padahal bentuk bangunan aselinya buat saya cukup menarik, kental dengan nilai historis dan gaya militer indonesia.

serba oranye
implementasi warna lambang kota dalam segala aspek. portal jalan pun harus pake warna oranye

gersang dan tandus
kondisi stasiun yang saya sayangkan: kurang terawat

gaya lampau
plang nama stasiun yang super gaul pada masanya

Saya adalah penggemar kereta api. Tidak ada alasan khusus. Hanya suka saja. Semasa bocah menonton  kereta api adalah sebuah pekerjaan yang bisa bikin lupa waktu. Aneh ya? Mungkin. Tapi yang pasti segala hal tentang perkeretaapian itu seru. Sederhananya bisa digambarkan melalui game simulasi semacam transport tycoon atau railroad tycoon. You design the system. You are the architect. Mungkin itulah kenapa saya senang dengan kereta api. Semua yang terjadi di kereta api itu dirancang dan dihitung sedemikian rupa. Segala jenis anomali adalah murni kesalahan, terlepas dari faktor takdir tentunya. You create, you run, you observe.

terbengkalai
bengkel kereta yang entah sekarang diisi oleh apa. oh ya, juga berwarna oranye

penghubung antar-stasiun
nyawa keamanan penumpang kereta api

peralihan
mengarahkan kereta api masuk ke jalur yang mana. seperti memilih gadis #naon

rambu kereta api
buat saya pribadi, bentuk rambu kereta api itu artistik

menara air
sudah tidak terpakai. dulunya dipakai untuk mengisi air kereta api dan 
air wc stasiun tentunya

jaga tali silaturahmi
sambil nunggu kereta lewat, ajak ngobrol orang di sebelah, walopun gak kenal. aplikasi sunnah rasul

nguoooooong....
menonton kereta api lewat itu ada keasyikan tersendiri

photo source || it's yogas' !

6 comments:

  1. yang paling urang suka adalah silaturahmi sebagai aplikasi sunnah rasul

    ReplyDelete
  2. Makes me feel homesick T_T Bawa aku pulang ke Cimahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi. siap siap ya titan. postingan berikutnya masih seputar cimahi kok :3

      Delete
  3. ciyeee! maneh mencalonkan diri jadi walikota aja gas menggantikan pak itoc! gw dukung 100%

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...