Monday, January 30, 2012

16GB

Bulan kemarin saya baru meningkatkan kemampuan xperia saya dengan membeli memori microSDHC class 10 berkapasitas 16GB merek PNY.

Apa itu SDHC?
Apa itu class 10?
Mengapa harus membeli memori baru?

Oke.

SDHC adalah singkatan dari Secure-Digital-High-Capacity. Secure digital (SD) merupakan sebuah format atau bentuk memori buatan SDA ---> SD Card Association. Memangnya ada format lain? Pastinya dong. Kalo yang dulu pernah punya kamera sony, pasti kenal yang namanya memory stick pro duo. Sony juga punya format memori M2 yang biasanya dipake di hape-hape sony ericsson tipe lama. Kalo yang pernah menggenggam nokia pasti kenal yang namanya MMC. Kaum fujifilm juga punya format sendiri, namanya xD-Picture Card.

Nah, sekarang ini, SD card adalah format yang dipake hampir di semua gadget gaul masa kini. Kemungkinan besar sih karena format ini memang handal dan cukup secure. So, hampir semua produsen gadget menggunakan SD card sebagai format standarnya. Tapi ini bisa juga karena uni eropa mewajibkan semua produk di eropa memakai satu standar, kaya yang terjadi di sistem charging baterai hape, kini semua smartphone di eropa di-charging melalui slot micro-USB. Apple aja ampe harus nyediain converter mikro-USB buat perangkat iPhone.

SD card sendiri terdiri dari beberapa ukuran. Ada SD, miniSD dan microSD. SD dan mini SD card biasanya kita temuin di kamera-kamera generasi sekarang. Kalo microSD, karena bentuknya yang super kecil (1,5 cm) bikin doi sering dipake di produk smartphone atau tablet modern.

Kadang temen saya (sebut saja dwininta) suka bertanya apa arti dari tulisan class 10 yang suka mejeng di body memori card. Memangnya ada class lain ya? Tulisan class menunjukkan speed yang dimiliki memori tersebut. Semakin besar kelasnya, semakin kuenceng speednya. Class 10 menunjukkan bahwa memori tersebut memiliki speed sebesar 10 MB/s. Nah kalo kalian punya memori yang gak ada tulisan kelasnya, berarti ada dua kemungkinan. Kalo tulisannya cuma SD card, berarti speed memori kalian cuma class 2 (2MB/s). Tapi kalo ada tulisan SDHC, berarti speed memori kalian class 4 (4MB/s). Semakin tinggi speed memori akan membuat kerja prosessor gadget semakin ringan. Contohnya kalo kalian loading galeri foto. Kalo speed-nya lambat bisa-bisa nunggu satu foto muncul di screen aja tau-tau kecengan udah nikah ama orang lain. Memori speed tinggi biasanya juga dipake ama kamera atau hape gaul buat ngerekam video HD.

mircoSDHC 16GB class 10 merek PNY
memperpanjang nyawa xperia

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya harus membeli memori baru dan class 10 pula. Hape saya kebetulan adalah xperia generasi pertama yang prosesornya agak-agak nanggung. Nah, memori bawaan si xperia tuh cuman 2GB, padahal kamera si hape udah 5 MP. Makanya saya suka kesel sendiri kalo si xperia suka full memori. Kan bahaya kalo pas lagi butuh moto-moto. So, berbekal dengan keinginan luhur, maka saya memberanikan diri membeli memori baru: microSD 16GB class 10 merek PNY. Kenapa cuma 16GB? Karena hape saya cuma support ampe 16GB. Dan di BEC cuma jualan microSD ampe 16GB doang. Hehehe.

Sensasi mengganti memori 2GB menjadi 16GB bagi saya sama seperti dari bolor kemudian memakai kacamata. Saya seperti berada di dunia baru. Kini saya bisa asal jepret tanpa takut full memori. Kini saya bisa bebas masukin lagu ke hape sebanyak-banyaknya. Kini saya bisa nginstall aplikasi seenak jidat. Alhamdulilah. Terima kasih ya Allah.

photo source || buy.com

1 comment:

  1. "... tau-tau kecengan udah nikah ama orang lain." #BAIKLAH

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...