Thursday, December 15, 2011

juli dalam stop motion


yang mulia : "gas, buat wisuda juli, 2007 mo nampilin apa nih?"
penulis       : "kayaknya gak ada apa-apa bor" menunduk. takut. 
yang mulia : "the krocolatos gak tampil?"
penulis       : "gak bor" menunduk. takluk.
yang mulia : "band nya si james?"
penulis       : "gak tampil, si donat malah bingung nyari pengisi acara dari 2007"
yang mulia : "yaudah, kita bikin video aja gas"
penulis       : "mau kayak gimana?"
yang mulia : "jadi tentang kejadian si wisudawan. tapi jangan mirip yang 2006"
penulis       : "wah, gimana ya. apa kita live show aja?"
yang mulia : "hmm, kalo gitu sekalian yang tebak foto gas. tebak foto wisudawan"
penulis       : "oke"

Sebuah percakapan singkat dan manis (baca: tertekan) di malam yang dingin di kebun Gerbera L. Tempat saya melakukan tugas akhir. Namun sayang ide-ide cantik yang terlahir dari brainstorming itu harus kandas karena berbagai hal. Ya. Memang di malam itu ada mahasiswa ketiga yang ikut bercakap-cakap. namun apa daya di dalam nadinya hanya ada yuki dan genki sudo, bukan juli.

Hal paling berat dalam project wisuda juli adalah minimnya anggota tim reguler.
summon si hitam       ---> lagi di jakarta. urusan AFS
summon si kurang     ---> karimun jawa
summon nona laksmi ---> nyusul karimun jawa

Alhasil niat baik untuk wisudawan juli haruslah dirombak ulang. Bencana berlanjut ketika yang mulia tidak bisa membantu karena alasan yang bersifat confidential. Adapun pambudi sedang menunaikan tugas mulianya di baluran, mengamati burung.

Maka apa daya tim yang tersisa tinggal saya, nona wina dan nona patria. Perombakan ide-ide emergency melahirkan sebuah backup plan: teaser oktober. Ya. Waktu yang mepet dan kesibukan yang menggila memaksa kami pada akhirnya membuat sebuah video dengan konsep utama sebagai sebuah teaser, pengiring sementara menuju megaproject kami di bulan oktober.

Project di mulai dengan menyambangi para source foto 2007: nona vina, nona mirna, nona hapsari, tuan jekson, tuan muyasar dan si seksi. Beruntung ditengah kesibukannya mengurusi acara SIAWARE, nona zarzen masih sempat menyumbangkan foto-foto nostalgia dan mengedit-kan foto-foto yang akan dijadikan bahan baku video teaser.

Nona patria adalah seorang gadis besutan LFM ITB, sehingga tidak puas dengan video yang isinya hanya slideshow nostalgia. Dari jidatnya yang cemerlang #nooffense, muncul lah ide yang cemerlang. "Stop motion gas! Stop motion!". Oke. Setelah sedikit riset stop motion via youtube, berbekal kemampuan menggambar dan kamera Canon EOS 40 D milik nona zarzen terciptalah sebuah video stop motion singkat dengan warna-warni ceria, menggambarkan riangnya hati kami saat itu #fake.

juli dalam stop motion
kurangnya modal menuntut kami sekalu mahasiswa ITB untuk bertindak kreatif. kamera yang digunakan kami posisikan di atas gambar mengguakan tripod yang sangat kompleks (baca: jemuran handuk)

Semoga kalian sukses wahai wisudawan!

Berikut saya sertakan video buat wisuda juli yang versi mini-nya dan versi full-nya juga. Enjoy :)



photo source || it's yogas' !
video source || youtube.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...